Pages

Ads 468x60px

Labels

Friday, 14 December 2012

Kandungan Nutrisi Telur


              Pangan asal hewan (ternak) merupakan sumber protein dan mengandung asam amino esensial yang tidak disupali dari bahan pangan lain, sehingga sangat berpengaruh terhadap status kesehatan sesorang yang pada akhirnya berperan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sumber protein asal ternak tersebut diantaranya daging, susu dan telur. Telur unggas (ayam) mempunyai kandungan asam amino esensial dan non esensial yang cukup lengkap dan tinggi mutunya, sehingga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk pertumbuhan, disamping mudah dicerna, mudah didapat dan murah harganya.

            Komposisi fisik dan kualitas telur ayam dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya bangsa ayam, umur, musim, penyakit, lingkungan (suhu dan kelembaban), pakan dan sistem pengelolaan ayam tersebut. Pada gilirannya kualitas ini akan berperan pada keputusan konsumen dalam menentukkan pilihan. Penerimaan konsumen pada suatu produk dapat dilihat dengan melakukan uji organoleptik. Uji organoleptik dilakukan dengan menggunakan penilaian dengan menggunakan skala hedonik terhdap parameter warna, aroma, tekstur, dan rasa dari produk tersebut.
            Zat-zat mineral yang terdapat pada sebutir telur mencakup kalsium, fosfor, natrium, khlor, kalium, magnesium, ferrum, yodium, mangan, zinkum, kobalt dan kuprum. Jumlahnya bervariasi yang dapat ditemukan pada telur ayam ras, ayam kampung, itik, dan puyuh.

Daftar Pustaka :
HS, Iman Rahayu. 2003. Karakteristik Fisik, Komposisi Kimia, dan Uji Organoleptik Telur Ayam Merawang dengan Pemberian Pakan Bersuplemen Omega-3. Jurnal Teknol     dan Industri Pangan, Vol. XIV, No. 3 Th. 2003

Mungkin bisa digunakan untuk penulisan Tinjauan Pustaka :D
Post a Comment
 

Sample text

ANDA BISA LANGSUNG DOWNLOAD FILE ASLI JIKA MENEMUKAN LINK DOWNLOAD, DIJAMIN AMAN!!!

Sample Text

 
Blogger Templates