Pages

Ads 468x60px

Labels

Wednesday, 4 January 2012

Polemik Berakhirnya Orde Baru

Pada tanggal 18 Mei 1998, ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mendatangi gedung DPR/MPR. Para mahasiswa datang secara berkelompok dan bergelombang. Saat itu, pimpinan DPR/MPR Harmoko mengadakan rapat membahas hal-hal aspirasi yang berkembang saat itu. Setelah rapat, pimpinan DPR/MPR mengatakan bahwa pimpinan DPR/MPR meminta Presiden Soeharto secara arif dan bijaksana mengundurkan diri. Pernyataan itu dibacakan Harmoko dan diteruskan lewat pengeras suara ke seluruh pelataran gedung DPR/MPR dan disambut gembira oleh para mahasiswa.
Pada tanggal 21 Mei 1998, Soeharto mengucapkan pidato pengunduran dirinya sebagi Presiden. Sebaga gantinya, Habibie yang menjabat sebagai wakil presiden menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri. Dengan mundurnya Soeharto sebagi Presiden, maka berakhirlah masa pemerintahan orde baru. Tetapi hal tersebut masih memunculkan polemik : Pengunduran Soeharto sebagi presiden menimbulkan polemik di kalangan ahli hukum, Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, seorang pakar hukum tata negara menegaskan bahwa pengudnduran diri Soeharto dan penyerahan kekuasaan kepada wakil presiden B. J. Habibie adalah tindakan sah dan berlangsung secara konstitusional. 

Monday, 2 January 2012

Enzim

Enzim berperan sebagai biokatalisator yang merupakan zat yang dapat mempercepat reaksi pada tubuh makhluk hidup tetapi zat itu sendiri tidak ikut bereaksi. Adanya enzim dapat menurunkan jumlah energi yang diperlukan dalam suatu reaksi kimia pada sel tubuh. Enzim disintesis oleh sel. Macam aktifitas yang melibatkan enzim antara lain, respirasi, pertumbuhan, perkembangan, kontraksi otot, fotosintesis, pencernaan, fiksasi nitrrogen, pembentukkan urine, pengeluaran keringat, dll. Struktur enzim Enzim tersusun atas komponen sebagai berikut: apoenzim berupa protein, gugus protestik berupa non protein. Kofaktor berupa gugus anorganik dan koenzom berupa gugus organik. Gabungan antara apoenzim dan gugus protestik disebut juga holoenzim. Enzim yang utuh tersusun atas apoenzim dan koenzim yang disebut holoenzim. Kerja enzim Enzim bekerja dengan prinsip lock and key. Substrat sebagai kunci yang masuk dalam situs aktif pada enzim. Sedangkan enzim sebagai gembok. Keduanya membentuk ikatan kompleks enzim-substrat. Pada akhir reaksi, enzim akan kembali ke bentuk semula sedangkan substrat menjadi produk reaksi. 
 

Sample text

ANDA BISA LANGSUNG DOWNLOAD FILE ASLI JIKA MENEMUKAN LINK DOWNLOAD, DIJAMIN AMAN!!!

Sample Text

 
Blogger Templates