Pages

Ads 468x60px

Labels

Wednesday, 29 April 2015

Jenis Lovebird


            Secara garis besar di Indonesia mengenal 2 macam jenis lovebird, yakni kacamata (klep) dan tidak kacamata (non klep). Lovebird kacamata lebih digemari dibandingkan dengan yang tidak berkacamata. Lovebird kacamata seperti ijo standar, biru cobalt, pastel biru, pastel hijau, pastel kuning, pastel putih, albino, batman, lutino, bahkan ada juga yang blorok. Entah bagaimana cerita awalnya sehingga masyarakat lebih menyukai lovebird klep, pasalnya LB klep memiliki 2 fungsi selain sebagai hiasan juga sebagai burung lomba karena kemampuan LB klep dalam ngekek. Sering kita dengar gantangan latber maupun latpres, baik lokal maupun antar provinsi hingga nasional. Tak heran setiap gantangan selalu ramai kelas LB, karena tidak memerlukan modal yang besar. LB yang memiliki trah ngekek bisa diperoleh dengan harga mulai Rp. 300.000, bayangkan dengan ocean seperti murai batu atau cucak hijau, murai batu yang memiliki keturunan juara bisa dibandrol 4.000.000. Saya baca di sebuah majalah ada LB yang bisa ngekek hingga 3 menit, padahal LB yang biasa digantang hanya mampu ngekek hingga 10-15 detik saja.
            LB yang sudah sering memenangkan lomba tentu akan menaikkan nilai jualnya, oleh karena itu kicau mania berlomba-lomba melatih LB untuk diturunkan di lomba-lomba yang sering diadakan dewasa ini. Mitos dari kicau mania percaya bahwa LB dengan warna hijau lebih sering menjadi juara. Namun, hal itu tak selamanya benar karena akhir-akhir ini LB dengan warna seperti lutino, pasbir, batman juga keluar menjadi juara. Hal yang paling penting adalah mencari anakan dari LB yang mempunyai trah kekean (indukan ngekek panjang).
            Berbeda dengan LB klep yang ramai digunakan untuk lomba, LB non klep hanya digunakan sebagai hiasan atau master bagi burung ocehan. LB non klep memiki ukuran yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan LB klep, bagian mata LB non klep tidak ada bundaran yang melingkari atau yang biasa disebut kacamata. LB ini memiliki harga yang rendah di pasaran, karena jarang peminat. Bagi penggemar LB cukup sulit mencari non klep karena jumlahnya yang sangat sedikit sehingga terkesan langka. Adapun cuma warna hijau yang kurang digemari. Selain itu, ada LB opaline yang mirip dengan LB non klep perbedaannya adalah memiliki warna lebih cerah dan cenderung menyala.
Post a Comment
 

Sample text

ANDA BISA LANGSUNG DOWNLOAD FILE ASLI JIKA MENEMUKAN LINK DOWNLOAD, DIJAMIN AMAN!!!

Sample Text

 
Blogger Templates