Pages

Ads 468x60px

Labels

Tuesday, 28 July 2015

Vaksin Tetelo Alami

            Penyakit tetelo / ND merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi viral yang mengakibatkan gangguan pernafasan, penyakit ini disebabkan oleh virus paramyxo. Penyakit ini menjadi momok bagi banyak peternak karena penularan dalam waktu singkat, dalam kurun waktu 3 – 4 hari penyakit ini sejak terdeteksi akan menular ke seluruh ternak di lokasi tersebut. Penularannya dapat melalui udara, peralatan kandang, ataupun burung liar di sekitar peternakan. Walaupun dapat menyebar melalui udara namun jangkauan penyakit ini tidak terlalu luas dan hanya dapat bertahan selama 30 hari pada lokasi yang dinyatakan terserang.


            Segala macam penyakit tentunya dapat dicegah, begitu pula penyakit ini pencegahan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti, tatalaksana pemeliharaan yang baik, sanitasi dan desinfeksi yang ketat, selalu jaga kebersihan kandang dan alasnya (litter), sirkulasi udara yang cukup dan sinar matahari, serta pemberian pakan yang memenuhi kecukupan nutrisi diharapkan dapat mencegah penyakit tetelo ini. Namun, hal yang paling menjadi perhatian dalam pencegahan tetelo tentunya adalah vaksinasi.

            Dan salah satu teknik vaksinasi yang dikembangkan dalam mengatasi serangan penyakit tetelo adalah vaksin ND per oral. Pada dasarnya teknik ini menggunakan virus ND yang dilemahkan kemudian dicampur dengan pakannya. Pakan berfungsi sebagai karier vaksin, vaksin ND per oral mengandung virus yang tidak ganas dan bertahan 2 minggu pada suhu 280 C, sedangkan pada suhu 40 C bisa sampai berbulan-bulan, jenis vaksin yang digunakan adalah RIVS 2 dan RIVS 3, dengan kekebalan mencapai 60 %.

            Jenis pakan yang digunakan sebagai karier adalah jenis gabah kecil yang bisa langsung digunakan, sedangkan gabah dengan jenis besar perlu perebusan selama 10 menit dalam air mendidih, kemudian diangin-anginkan, dan digunakan sebagai karier ayam dewasa, nasi aron atau beras yang telah direbus selam 10 – 20 menit setelah dingin dapat digunakan sebagai karier untuk anak ayam.

            Cara penggunaan vaksin per oral adalah vaksin ND per oral sebanyak 2 ml dicampur dengan air 200 ml, disimpan pada ember plastik. Kemudian dicampur pakan karier sebanyak 2 kg dalam larutan vaksin sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, pakan yang telah dicampur vaksin diberikan kepada ayam 200 ekor, dengan cara ditaburkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, pakan harus habis kurang dari 4 jam, vaksinasi awal dilakukan 2 kali (vaksinasi awal dan booster) dengan interval 3 minggu, untuk vaksinasi booster dilakukan 3 minggu setelah vaksinasi pertama, selanjutnya untuk ulangan dilakukan setiap bulan. Pemberian vaksin hendaknya dilakukan pada pagi hari sebelum ayam mendapat pakan lain.

Post a Comment
 

Sample text

ANDA BISA LANGSUNG DOWNLOAD FILE ASLI JIKA MENEMUKAN LINK DOWNLOAD, DIJAMIN AMAN!!!

Sample Text

 
Blogger Templates