Pages

Ads 468x60px

Labels

Friday, 28 October 2016

Perbedaan Ayam Kampung, Ayam Joper, dan Ayam Pejantan

Dahulu mungkin kita hanya mengenal ayam kampung, ayam yang biasa dipelihara oleh warga di sekitar pekarangan rumah. Kini telah ada berbagai jenis ayam yang dipelihara terutama yang digunakan sebagai ayam konsumsi. Berikut penulis akan mencoba menguraikan antara ayam kampung, ayam joper, dan ayam pejantan.

Ayam kampung asli (AKA) merupakan ayam jawa asli atau disebut ayam buras. Ayam kampung biasa dipelihara oleh orang Indonesia sebagai hewan peliharaan untuk diambil daging atau telurnya. Ayam kampung dapat disembelih mulai usia 4 bulan dengan berat sekitar 8 ons, sedangkan betinanya bisa mulai bertelur mulai usia 6 bulan. Telur ayam kampung mempunyai berbagai manfaat diantaranya untuk kesehatan dan stamina. Pemberian ayam kampung sangat sederhana dengan pakan ayam starter pabrikan atau dengan dedak bekatul sudah cukup.

Kini marak dibudidayakan ayam joper (jowo super) merupakan persilangan antara ayam petelur atau layer betina dengan ayam kampung atau ayam bangkok. Dengan persilangan tersebut ayam joper memiliki pertumbuhan yang relatif cepat dibandingkan dengan ayam kampung asli. Pada usia 50 hari ayam joper dapat mencapai bobot 7-8 ons. Pakan yang digunakan untuk ayam joper adalah pakan ayam starter pabrikan atau peternak biasa mengoplos dengan pakan ayam buras pabrikan. Untuk menghasilkan anakan ayam joper (DOC) dilakukan perkawinan antara ayam petelur dengan ayam kampung baik secara alami ataupun IB (inseminasi buatan). Karena sifat ayam layer yang tidak mengeram, penetasan ayam joper harus dilakukan di inkubator (mesin penetas telur).

Sedangkan ayam pejantan sendiri merupakan ayam layer yang berkelamin jantan. Dahulu ayam jantan merupakan limbah peternakan komersial karena belum tahu peruntukkan dari ayam jantan. Namun kini ayam jantan dipelihara sebagai pengganti ayam kampung karena memiliki pemeliharaan yang relatif lebih cepat. Pemeliharaan ayam jantan mirip dengan pemeliharaan ayam pedaging broiler, karena pemelihara ayam jantan meniru manajemen pemeliharaan broiler. Pakan yang digunakan adalah pakan komplit pabrikan untuk hasil yang baik.

Cukup demikian uraian singkat penulis, jadi mau beternak ayam yang mana sekarang!!!!

Post a Comment
 

Sample text

ANDA BISA LANGSUNG DOWNLOAD FILE ASLI JIKA MENEMUKAN LINK DOWNLOAD, DIJAMIN AMAN!!!

Sample Text

 
Blogger Templates