Pages

Ads 468x60px

Labels

Friday, 4 November 2016

Telur Pindang

Pemindangan merupakan salah satu bentuk pengolahan dengan kombinasi penggaraman dan perebusan. Telur pindang merupakan produk olahan tradisional yang menggunakan bahan pengawet protein yang akan terdenaturasi jika kontak dengan bahan yang mengandung tanin antara lain kulit bawang merah, jambu biji, dan air teh. Dengan tambahan bahan ini akan diperoleh warna telur kecoklatan dan cita rasa yang khas. Pemindangan dapat membuat telur rebus lebih awet daripada perebusan dengan air biasa.
Daya simpan telur dengan cara atau metode ini akan lebiih lama. Daya simpanannya bisa mencapai 30 hari atau lebih. Kandungan kimia daun jambu biji berupa tanin dapat mengawetkan telur ayam ras. Tanin akan bereaksi dengan protein yang terdapat dalam kulit telur yang mempunyai sifat menyerupai kolagen kulit hewan sehiingga terjadi proses penyamakan kulit berupa endapan berwarna coklat yang dapat menutup pori-pori kulit telur tersebut menjadi impermeable.
Berbagai bahan pengawet banyak yang sudah dikembangkan mulai dari bahan alami hingga bahan kimia. Tetapi kekhawatiran terhadap residu dari bahan pengawet yang selama ini dipakai. Telur pindang sebagai produk pangan hasil ternak menggunakan konsentrasi tanin sebagai bahan pengawet yang bersumber dari daun jambu biji. Telur pindang merupakan produk pengolahan sekaligus pengawetan yang bertujuan untuk menganekaragamkan produk olahan telur, memperpanjang daya simpan dan meningkatkan nilai tambah.
Ciri-ciri telur pindang yang bagus yaitu memiliki permukaan kulit telur atau cangkang telur berwarna coklat kehitaman, serta bagian dalam telur matang keseluruhan.
Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan telur pindang antara lain :
- Proses perebusan atau metode perebusan
Telur direbus didalam larutan garam dan dimasukkan daun salam dan daun jambu karena kedua daun tersebut memiliki kandungan tanin sebagai bahan pengawet. Ketika perebusan sudah setengah matang (10 menit perebusan), telur atau kulit telur diretakkan, kemudian dilanjutkan perebusan hingga matang (20 menit).
Hasil akhir pengolahan telur pindang, warna kerabang menjadi coklat dengan aroma yang spesifik.

Referensi :
Margono. Telur pindang. Buku panduan teknologi pangan. Pusat informasi wanita dalam pembangunan PDII-LIPI
Hadiwiyoto suharyanto. Pengolahan bahan pangan hasil ternak. Jurusan peternakan fakultas bengkulu
Sunarlin. 2012. Survei pengolahan telur dan daging tradisional di bagian hulu sungai. Balai penelitian ternak bogor

Post a Comment
 

Sample text

ANDA BISA LANGSUNG DOWNLOAD FILE ASLI JIKA MENEMUKAN LINK DOWNLOAD, DIJAMIN AMAN!!!

Sample Text

 
Blogger Templates