Pages

Ads 468x60px

Labels

Thursday, 3 November 2016

Kualitas Telur dan Faktor-faktor yang mempengaruhi

Kualitas telur ditentukan oleh dua faktor, yaitu kuakitas luarnya berupa kukit cangkang dan isi telurnya. Faktor luar meliputi bentuk, warna, tekstur, keutuhan, dan kebersihan kulit. Sedangkan faktor isi telur meliputi kekentalan putih telur, warna, serta posisi kuning telur, dan ada tidaknya noda-noda pada putih dan kuning telur. (Haryoto, 1996).

Untuk menentukan kualitas isi telur dapat dilihat dari bagian telur di sebelah dalam. Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas isi telur diantaranya kondisi ruang udara, kuning telur, dan putih telur. Kualitas telur sebelah luar ditentukan oleh kondisi kulit telurnya. Beberapa parameter yang dapat dijadikan ukuran untuk menentukan kualitas telur bagian luar diantaranya kebersihan kulit telur, kondisi kulit telur, warna kulit, dan bentuk telur (Titik, 1996).

Pada praktikum pengujian kualitas telur karakteristik yang diamati adalah berat telur, kuning telur, putih telur, dan kerabang telur, serta rasio antara putih dan kuning telur. Uji organoleptik meliputi warna, aroma, tekstur dan rasa telur dengan sistem skoring pada lembar isian (skala hedonik).

Sumber rujukan yang bisa dipakai :
Haryoto. 1996. Pengawetan telur segar. Kanisius
Hs, Imam rahayu. 2003. Karakteristik fisik, komposisi kimia, dan uji organoleptik telur ayam dengan pemberian pakan bersuplemen omega 3. Jurnal teknol dan industri pangan vol. XIV No. 3 2003
Sudaryani, titik. 1996. Telur. Penebar swadaya

Post a Comment
 

Sample text

ANDA BISA LANGSUNG DOWNLOAD FILE ASLI JIKA MENEMUKAN LINK DOWNLOAD, DIJAMIN AMAN!!!

Sample Text

 
Blogger Templates