Pages

Ads 468x60px

Labels

Wednesday, 16 October 2013

Brooding atau Induk Buatan Ayam

          Pada ayam pedaging, masa brooding merupakan periode pemeliharaan dari DOC hingga umur ayam 14 hari dengan menggunakan pemanas buatan untuk menjaga kondisi ayam tetap nyaman. Masa brooding berpengaruh pada pada performance ayam broiler pada fase pemeliharaan berikutnya. Kesalahan pada masa brooding seringkali berakibat negatif pada pertumbuhannya dan seringkali tidak bisa dipulihkan. Untuk meminimalisir kegagalan sistem brooding, perlu diperhatikan suhu efektif. Selama ini peternak terpaku pada pencapaian suhu maksimal saja. Kita perlu mengetahui suhu efektif yang benar-benar dibutuhkan ayam. Berbeda dengan suhu terukur, suhu efektif adalah suhu yang benar-benar dirasakan ayam dan sangat bergantung pada kelembaban relatif.
           

             Pada masa brooding, terjadi peralihan kekebalan pasif yang berasal dari induk ke kekebalan aktif milik anak ayam. Kekebalan pasif berasal dari penyerapan kuning telur selama periode pengeraman dan beberapa hari setelah menetas. Kekeblan pasif sangat ampuh untuk mencegah infeksi pada ayam, namun jangka waktunya pendek. Oleh karena itu, diperlukan kekebalan aktif. Terbentuknya kekbalan aktif dalam tubuh anak ayam akan berdampak pada perkembangan optimal dari organ-organ seperti limpa, thymus, bursa fabricus, peyer patches dan sebagainya. Semetara sistem pencernaan mengalami perkembangan pesat ditunjukkan oleh organ pencernaan seperti lambung, tembolok, usus, hati, pankreas dan sebagainya baik pada ukuran maupun panjangnya. Untuk vili usus, perkembangan yang baik ditunjukkan dengan ukuran vili yang panjang, besar, jumlah banyak dan seragam. 

            Seiring pertambahan umur ayam, terjadi pertamabahan massa, tebal, dan panjang tulang. Pembentukkan kerangka tubuh yang optimal akan mampu menopang perkembangan organ lain. Selain itu akan menekan terjadinya afkir karena patah tulang atau kelumpuhan. Ayam tidak mampu mengatur suhu tubuhnya selama 5 hari pertama dan belum optimal mengatur suhu selama umur 2 minggu. Oleh karena itu, kondisi brooding yang baik akan membuat ayam nyaman dan perkembangan optimal. Kunci utama dari brooding ayam ada 3 fase, yakni persiapan kandang, penyambutan DOC, dan manajemen brooding yang benar.

Sumber Referensi :

http://toni-komara.blogspot.com/2009/01/paradigma-baru-pada-manajemen-brooding.html


Post a Comment
 

Sample text

ANDA BISA LANGSUNG DOWNLOAD FILE ASLI JIKA MENEMUKAN LINK DOWNLOAD, DIJAMIN AMAN!!!

Sample Text

 
Blogger Templates