Langkah awal
dalam melakukan strategi berdasarkan STPD ini adalah menentukansegmentasi
pelanggan, lalu menentukan target mana yang akan dipilih berdasarkan segmentasi
tersebut. Langkah terakhir baru dapat merancang strategi yang baru.
1.
Segmentation
Perilaku
konsumen ini berhubungan dengan variabel apa saja yang paling di pentingkan
konsumen dalan pemilihan toko jam untuk membeli produk/jasa. Konsumen aktual
Toko Swiss Jaya ini paling mementingkan variabel mengenai produk jam tangan
(merek yang terkenal, barang yang up to date, harga produk terjangkau,
sparepart mudah didapatkan, keawetan produk/kualitas dan adanya garansi untuk
produk-produk bermerek) dengan rata-rata tingkat kepentingan 3.977. Sedangkan untuk
konsumen potensial paling mementingkan variabel mengenai Physical Evidence
(adanya struk pembelian, penataan jam yang rapi, penampilan/kostum pegawai yang
rapi, kelengkapan model dan merek barang, kelengkapan sparepart) yang memiliki
rata-rata tingkat kepentingan 3,831. Selain itu Toko Swiss Jaya
mensegmentasikan konsumennya berdasarkan wilayah dan golongan (atas/menengah/bawah).
2.
Targeting
Targeting
adalah proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau
beberapa segmen pasar untuk dimasuki. Target yang akan dicapai Toko Swiss Jaya
hanya pada wilayah Jember dan kota disekitarnya (Bondowoso, Lumajang,
Banyuwangi). Karena mayoritas pengeluaran per bulan konsumen Toko Swiss Jaya (potensial
dan aktual) adalah sebesar Rp. 1.000.000,00 – Rp. 3.500.000,00, m aka dapat
dikatakan bahwa konsumen ini berada pada kalangan menengah ke bawah.
3.
Positioning
Positioning
ini akan dibantu oleh dengan tagline yang berbunyi, “Termurah, Terlengkap, dan
Pelayanan Terbaik”, dimana tagline ini sudah merupakan kekuatan dari Toko Swiss
Jaya ini (kuadran I). Arti dari tagline tersebut adalah toko jam ini memberikan
harga yang terjangkau/sesuai dengan kualitas produk serta menyediakan produk
yang lengkap mulai dari untuk anak – anak sampai orang dewasa dan mulai dari
merek lokal sampai merek terkenal tetapi masih bisa dijangkau oleh konsumen
daerah Jember dan sekitarnya. Selain kedua hal tersebut, layanan dari pegawai
ataupun pemilik saat konsumen datang juga dituntut ramah dan sopan serta
seprofessional mungkin.
4.
Differentation
Diferensiasi
ini dapat dilakukan dalam berbagai cara, diantaranya diferensiasi produk, diferensiasi
pelayanan, diferensiasi personil, diferensiasi saluran, dan diferensiasi citra.
Differensiasi yang akan dibangun untuk toko ini adalah differensiasi citra dan
pelayanan, dimana citra yang dibangun adalah toko jam yang lengkap (kuadran I).
Selain itu banyak memberikan diskon harga (kuadran I) serta pelayanan ganti
baterai gratis dalam periode 1 ( satu) tahun da ri tanggal pembelian jam di
Toko Swiss Jaya (keluhan konsumen aktual dan potensial). Strategi diskon harga
ini bisa terjadi karena proses tawar menawar dan pemberian voucher belanja.
A. Pengaruh
Bauran Ritail (Ritail Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Toserba Gasanti
Pekanbaru
Menurut
Schiffman dan Kanuk dalam Sumarwan (2004:25) Perilaku konsumen adalah perilaku
yang di perlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi,
dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan
mereka.
1.
Segmentation
Menurut
Tjiptono (2008:69) Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu
produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam homogen dalam segala aspek. Pemasar memandang
suatu pasar tertentu terdiri dari banyak bagian yang lebih kecil yang
masing-masing bagian memiliki karakterisktik tertentu yang sama (dalam bagian
tersebut). Berdasarkan segmentasi tersebut, kemudian perusahaan berusaha mengembangkan
program-program pemasar yang terpisah untuk memenuhi kebutuhan khas
masing-masing segmen.
2.
Targeting
Setelah
memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik target market
yang telah dipilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu saja
serangkaian program pemasran yang dilakukan harus pas dengan karakteristik
pasar sasaran yang hendak di tuju. Menurut Kotler dan Amstrong (2006:183)
Targeting adalah sekelompok pembeli (buyers) yang memiliki kebutuhan atau
karakteristik yang sama yang menjadi tujuan promosi perusahaan.
Targeting
adalah memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki atau cara perusahaan
mengoptimalkan suatu pasar dan dalam penetuan pasar perusahaan harus
menggunakan konsep prioritas, variabilitas, fleksibilitas. Konsep variabilitas
digunakan untuk menghadapi persaingan yang sudah semangkin meningkat, karena
perusahaan tidak bisa memberikan pelayanan yang sama kepada semua orang yang
sudah di prioritaskan. Semakin sama akan semakin tidak optimal. Dan perusahaan dapat
optimal dalam melayani orang jika bisa memberikan lebih banyak variasi. Konsep
fleksibilitas ada hubungannya dengan variasi tadi, karena semakin fleksibel,
suatu perusahaan bisa memberikan variasi tanpa banyak keluar ongkos tambah.
3.
Positioning
Positioning
merupakan salah satu proses dari strategi STP. Setelah membagi pasar menjadi
beberapa segmen pasar berdasarkan indikator-indikator tertentu dan memilih satu
atau beberapa segmen pasar tersebut untuk dijadikan pasar sasaran, selanjutnya
adalah menentukan posisi yang ingin diwujudkan dalam benak konsumen. Menurut
Kotler (2006:375) adalah tindakan merancang tawaran dan citra perusahaan
sehingga menempati posisi yang khas (dibandingkan para pesaing ) didalam benak
pelanggan sasarannya.
Hasil akhir positioning
adalah terciptanya proporsi nilai yang pas, yang menjadi alasan bagi pelanggan
untuk membeli. Penempatan posisi menjelaskan strategi mengenai bagaimana cara bagaimana
perusahaan membedakan produknya dibandingkan dengan pesaing didalam benak
konsumenpositioning dilakukan untuk menciptakan citra baik yang diharapkan
perusahaan, maksudnya adalah keterkaitan langsungdengan bagaiamana konsumen
yang berada pada segmen pasar tertentu dalam mempersepsikan produk perusahaan. Jadi
positioning adalah tindakan untuk mendapatkan celah dibenak konsumen agar
konsumen memiliki persepsi an citra yang khusus terhadap produk dan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar